pengaruh globalisasi

PENGARUH GLOBALISASI
PADA PENDIDIKAN ANAK SEKOLAH DASAR


Diajukan untuk memenuhi tugas mandiri
Pada mata kuliah TIK









Disusun Oleh
Almuntasir lidinillah

SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH ( STIT ) AL AMIN INDRAMAYU
KAMPUS II BONDAN KEC. SUKAGUMIWANG KAB. INDRAMAYU
2010

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
  Masa globalisasi merupakan suatu kemajuan di bidang segala hal. Salah satunya adalah kemajuan di bidang teknologi dan informasi. Segala macam informasi masuk ke daerah kita.
Perkembangan informasi itu sangat menguntungkan bagi kita. Namun kadang kala juga dapat merugikan kita. Apalagi usia anak-anak yang tidak bisa memilih dan meilah segala macam budaya yang datang akibat dari globalisasi itu.

B. Landasar Teori
Masalah globalisasi dapat menguntungkan dan merugikan kita. Namun untuk anak-anak usia sekolah dapat berpengaru negatif kalau tidak bisa memilih budaya tersebut

C. Rumusan Masalah
Bagaimana pengaruh dari adanya globalisasi pada anak ?


D. Metode
Library Research
Pengumpulan data-data dengan berpedoman pada buku yang berkaitan dengan pembahasan





BAB II
PEMBAHASAN


A. Pengertian Globalisasi
Globalisasi adalah proses masuknya segala macam segi kehidupan manusia ke ruang lingkup dunia. Pada masa ini semua kebudayaan yang berasal dari berbagai negara dalam istilah budaya barat sudah mulai masuk ke daerah kita. banyak alat-alat teknologi komunikasi dan informasi yang masuk ke lingkungan kita.


B. Handphone ( HP )
Salah satu perkembangan zaman teknologi informasi adalah adanya HP. HP merupakan alat komunkasi yang secara tidak langsung yang dapat menghubungkan antara satu dengan yang lainnya baik dari jarak dekat maupun jarak jauh.
Zaman sekarang hamper semua pelajar menggunakan HP, dan fakta berbicara bhawa HP tersebut dapat menimbulkan dampak positif dan dampak negatif. Dampak-dampaknya adalah sebagai berikut :
Dampak Positifnya adalah sebagai berikut :
Mempermudah komunikasi. 
Menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi. 
Memperluas jaringan persahabatan. 

Dampak Negatifnya adalah sebagai berikut : 
a. Mengganggu Perkembangan Anak
b.mengurangi motivasi belajar anak
c. mengurangi sifat baik anak



C. Internet.
Setiap orang yang menggunakan hati kecil dan pendengarannya dengan baik, pasti ia akan menyaksikan, betapa budaya barat telah merobek dan mencabik-cabik nilai kemanusiaan, seperti dalam hal internet. Media ini telah menyumbangkan dampak negatif, sebab bahaya yang timbul dari internet lebih banyak daripada manfaatnya. Bahkan media ini sudah mengenyampingkan nilai kemuliaan dan kesucian dalam kamus kehidupan manusia.

D. Telephon
Telepon, jika tidak digunakan sesuai dengan manfaatnya, maka tidak jarang justru akan menimbulkan bencana yang besar bagi keluarga muslim. Seringkali kejahatan menimpa keluarga muslim berawal dari telepon, baik berupa penipuan, pembunuhan, maupun perzinaan. Dan yang sering terjadi, baik pada remaja maupun orang dewasa, yaitu hubungan yang diharamkan bermula dari telepon. Karena dengan telepon, kapan saja hubungan bisa terjalin dengan mudah; apalagi sekarang, alat ini semakin canggih dan biayapun semakin murah.















BAB III
PENUTUP


a) Kesimpulan 
 Pengaruh globalisasi itu ada yang menguntungkan dan ada yang merugikan. Apalagi untuk anak-anak usia sekolah yang belum bisa memfilter segala macam arus globalosasi. Mereka dapat terjerumus ke dalam pengaruh negatif globalisasi

b) Saran 
Bimbinglah anak-anak anda supaya tidak terpengaruh ke dalam pengaruh negatif globalisasi




















DAFTAR PUSTAKA


Monica Florida Johan/ SMA N 14 Padang, Globalisasi SMA N 2 Padang
Ensiklopedia Populer Anak.1999.Buku.Jakarta : PT Ichtiar Baru Van Hoeve

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "pengaruh globalisasi"

Post a Comment