Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Program Kerja Olahraga Th Pelajaran 2022/2023

Download Program Kerja Olahraga Th Pelajaran 2022/2023 - ﷽ Sobat ruang download Program Kerja merupakan merupakan suatu rencana yang dibuat untuk menjalankan suatu kegiatan dalam jangka tertentu. 
 
Dalam kegiatan ekstrakurikulur di sekolah, khususnya olahraga. Di perlukan perencanaan program kegiatan, dari mulai awal pembentukan, program latihan berjenjang, intensitas latihan, penangung jawab kegiatan, dll.
Berikut ini adalah contoh program olahraga yang di buat sesimpel mungkin.

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan Puja dan Puji Kehadirat Illahi Rabbi yang telah melimpahkan rakhmat, mencurahkan nikmat dan menganugerahkan karunia kepada kita semua.

Program Kerja Kegiatan Olahraga Bola Voli SMP Negeri 2 Sukagumiwang ini adalah sebagi Garis-Garis Besar Haluan dasar dalam melaksanakan Kegiatan Ke-Olahtagaan di SMP Negeri 2 Sukagumiwang.

Program Kerja ini adalah sebagai Pedoman, bagi para Pembina, Pengurus, Seluruh siswa SMP Negeri 2 Sukagumiwang dalam menjalankan fungsi dan perannya serta tugas dan tanggungjawabnya, sehingga diharapkan bisa mencapai tujuan secara maksimal.

Kami menyadari sepenuhnya, program kerja ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun untuk perbaikan kami ke depan.

Semoga Program Kerja ini dapat bermanfaat dan dipergunakan sebagaimana mestinya.
 
Sukagumiwang,    Juli 2022
 
Ttd

PEMBINA OLAHRAGA
SMPN 2 SUKAGUMIWANG



PROGRAM OLAHRAGA BOLA VOLI
SMP NEGERI 2 SUKAGUMIWANG KABUPATEN INDRAMAYU
TAHUN PELAJARAN 2022/2023
                

A. LATAR BELAKANG, PENGERTIAN DAN PERANAN

a. Latar Belakang

Salah satu faktor pendudukung lancarnya proses kegiatan belajar mengajar adalah peserta didik (siswa) yang sehat. Oleh sebab itu untuk mewujudkan siswa – siswi yang sehat di perlukan adanya suatu kegiatan yang menunjang itu semua.

Menindak lanjuti itu semua maka pihak sekolah membentuk suatu kegiatan “Program Olahraga Bola Voli” yang di laksanakan setiap hari sabtu pada Minggu bulan terakhir.

Hal ini sesuai dengan anjuran pemerintah untuk mewujudkan generasi muda yang sehat dan berprestasi dan juaga sesuai dengan Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Nomor IV/MPR/1978, yang antara lain memuat strategi pembinaan dan pengembangan generasi muda. Tap MPR tersebut menjiwai lahirnya Keputusan Mendikbud Nomor 0323/U/1978, tentang pola dasar pembinaan dan pengembangan generasi muda.

Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda diartikan untuk nmempersiapkan kader penerus perjuangan bangsa dan pembangunan nasional dengan memberikan bekal keterampilan, kepemimpinan, kesegaran jasmani, daya kreasi, patriotisme, idealisme, kepribadian dan budi pekerti luhur.

Mengacu kepada Ketetapan MPR Nomor IV/MPR/1978, dan Kep. Mendikbud Nomor 0323/U/1978 tersebut, terbit Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0461/U/1984 tentang Pembinaan Kesiswaan sebagai usaha dan langkah-langkah mampersiapkan generasi muda, khususnya para siswa diarahkan sejalan dengan cita-cita yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Sebagaimana ditetapkan dalam Keputusan Dirjenpendas Nomor 226/C/O/1992, Pasal 3 ayat 3 Bab III : Bahwa tujuan Pembinaan Kesiswaan adalah meningkatkan peran serta dan inisiatif para siswa untuk menjadi dan membina sekolah sebagai wawasan wiyata mandala, menumbuhkan daya tanggal pada diri siswa terhadap pengaruh negatif, memantapkan kegiatan ekstrakurikuler dalam menunjang pencapaian kurikulum, meningkatkan apresiasi dan penghayatan seni, menumbuhkan sikap berbangsa dan bernegara, meneruskan dan mengembangkan jiwa semangat serta nilai – nilai UUD 1945, serta meningkatkan kesegaran jasmani dan rohani.

b. Pengertian

Program olahraga Bola Voli adalah program kegiatan olahraga yang bertujuan untuk menciptakan generasi siswa yang kreatif, enerjik, gembira dan tentunya sehat secara jasmani dan rohani.

Dengan generasi siswa siswi yang sehat baik itu jasmani maupun rohani tentunya proses kegiatan belajar mengajar akan berjalan lebih efektif, dan diharapkan juga lebih gampang dalam menyerap pelajaran.

c. Peranan

Ciri pokok suatu kegiatan ialah tentunya memiliki berbagai macam fungsi atau peranan. Demikian pula dengan kegiatan “Program Olahraga Bola Voli” tentu saja memiliki fungsi dan peranan, adapun fungsinya antara lain:
  1. Menciptakan generasi muda (siswa) yang sehat secara jasmani dan rohani
  2. Melatih kebersamaan dan kekompakan
  3. Melatih kedisiplinan
  4. Melatih tanggung jawab

Peranan dari “Program Olahraga Bola Voli” adalah sebagai berikut:
  1. Sebagai saluran wadah kegiatan siswa dalam berprestasi dalam bidang ekstrakurikuler olahraga.
  2. Sebagai penggerak/motivator yang dorongan lahirnya keinginan. Semangat para siswa untuk berbuat dan melakukan kegiatan bersama dalam mencapai tujuan.

B. DASAR DAN LANDASAN HUKUM

a. Dasar Pemikiran

Bagi para siswa dikenakan pengetahuan tentang berolahraga sebagai bekal awal bagi dirinya untuk dapat hidup sehat, sehingga terbentuk  manusia Indonesia berkualitas, Sehat  secara jasmani dan rohani, mampu menumbuhkan dan memperdalam rasa cinta terhadap sekolah, mempertebal rasa kesetiakawanan sosial,, cinta tanah air dan bangsa sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional.

b. Landasan Hukum
  1. Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Peraturan Menteri pendidikan Nasional Nomor 34 tahun 2006 tentang Pembinaan Prestasi Peserta Didik.
  3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.
  5. Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat tentang Rencana Strategis Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat tahun 2008-2013.

C. MAKSUD DAN TUJUAN

a. Maksud
  1. Maksud ditetapkannya Program Kerja ini adalah untuk memberikan arah bagi para pembina dalam melaksanakan tugasnya sehingga hasilnya yang diinginkan dapat tercapai.
  2. Sebagai pegangan dalam mengelola kegiatan sesuai dengan program yang telah ditetapkan.
  3. Memberikan petunjuk yang jelas kepada seluruh unsur yang terkait, sehingga setiap unsur dapat melaksanakan tugas sesuai dengan porsinya.
b. Tujuan
  1. Tercapainya Program Kerja Olahraga tahun pelajaran 2022/2023 di SMPN 2 Sukagumiwang Kabupaten Indramayu.
  2. Sebagai bahan untuk mempermudah pengawasan dan pemeriksaan oleh Pembina, Kepala Sekolah dan pihak terkait lainnya.
  3. Sebagai bukti fisik atas ditetapkannya Program Kerja Ektrakurikuler Olahraga

D. RUANG LINGKUP

Ruang lingkup dari kegiatan Program Kerja Olahraga adalah seluruh warga SMP Negeri 2 Sukagumiwang baik itu dewan guru, staff tata usaha maupun para siswa. 

E. SASARAN DAN PENGELOLAAN

Pengelolaan merupakan suatu rangkaian kegiatan, mulai dari proses merencanakan, mengatur atau mengorganisasikan, melaksanakan, mengendalikan, mengevaluasi dan mengembangkan Sesuatu dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Adapun sasaran pokok dari kegiatan ini adalah siswa – siswi SMP Negeri 2 sukagumiwang Kabupten Indramayu,  Sedangkan pengelolaannya sendiri di atur oleh kepala sekolah, wakasek kesiswaan, pembina osis, pembina olahraga, staff pengajar dan siswa seksi olahraga.

F.    MATERI KEGIATAN

Materi kegiatan dari program Olahraga Bola Voli adalah sebagai berikut:
  1. Senam jumsih
  2. Jalan santai
  3. Senam disco
  4. Jalan cepat
  5. Senam jantung sehat                                                  
G. JADWAL PELAKSANAAN DAN TEMPAT KEGIATAN

Jadwal Pelaksanaan dan waktu kegiatan Ektrakurikuler bola voli adalah sebagai berikut: 

1.   Pelaksanaan

Jadwal Latihan Ektrakurikuler Bola Voli

No

Cabang Olahraga

Hari

Jam

Keterangan

1

Bola Voli

Senin dan Rabu

14.30 – 16.30 WIB

Tanggal Merah Libur

2.  Tempat Kegiatan 

  • Lapangan olahraga SMP Negeri 2 Sukagumiwang 
  • Khusus untuk latihan stamina menggunakan lokasi di luar lingkungan sekolah. 
  • Bila diperlukan mengadakan latihan dengan sekolah lain

I.  PENUTUP

Kita menyadari bahwa siswa merupakan bagian dari generasi muda yang akan menjadi pelaku – pelaku pembangunan bangsa di masa yang akan datang. Kualitas siswa pada masa kini akan memberi corak perkembangan masa depan bangsa.

Para siswa adalah generasi muda penerus cita-cita bangsa dan sumber insani bagi keberhasilan pembangunan nasional. Untuk itu perlu pembinaan dan pengembangan bagi para siswa secara terus menerus dan berkesinambungan.

Dengan demikian diharapkan Program kegiatan Olahraga Bola Voli bisa menjadi sarana jembatan untuk menciptakan generasi muda yang cerdas, berahlak mulia dan sehat secara jasmani dan rohani.

LAMPIRAN - LAMPIRAN
  • Dalam lampiran bisa di lampikan Foto - foto kegiatan, Dll
Untuk teman - teman yang ingin mendapatkan soft file dari Program Kerja Olahraga Th Pelajaran 2022/2023 dapat mengunduhnya di link berikut : Klik disini.

4 komentar untuk "Download Program Kerja Olahraga Th Pelajaran 2022/2023"