Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP IPS Kelas VII SMP Semester I dan II | Kurikulum Merdeka

ATP IPS Kelas VII SMP-MTs. Tujuan dari di buatnya ATP IPS kelas VII ini adalah untuk membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas dan meningkatkan pemahaman peserta didik tentang keberadaan diri dan keluarga di lingkungan sosial terdekat. Selain itu, peserta didik diharapkan dapat menganalisis hubungan antara kondisi geografis dengan karakteristik masyarakat dan cara mereka beraktivitas di lingkungan terdekat. 

Hal ini akan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya melalui aktivitas pemberdayaan masyarakat yang berkontribusi positif terhadap lingkungan sekitarnya. Tujuan yang lebih luas adalah untuk berkontribusi terhadap pembentukan manusia Indonesia yang cinta tanah air berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

 

Pemikiran dan capaian pembelajaran ini menjadi landasan dalam pengembangan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) IPS Kelas 7 SMP-MTs. Pembahasan dalam ATP IPS Kelas 7 ini dibagi menjadi empat tema utama yang merepresentasikan capaian pembelajaran yang diharapkan dalam kurikulum merdeka. 

ATP IPS Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka ini berusaha untuk menyajikan fenomena atau gejala sosial yang ditinjau secara terpadu dari berbagai sudut pandang seperti kajian keruangan geografis, analisis sosiologis, tinjauan ekonomi, dan kronologis waktu sejarah.

Meskipun penyajian isi ATP IPS Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka ini masih terbatas pada penguasaan konsep dan prosedur sederhana dari materi substansi yang diajarkan, diharapkan gambaran faktual dan jabaran metakognitif materi dapat dieksplorasi lebih lanjut oleh guru dengan menyesuaikan kebutuhan dan karakteristik peserta didik di kelas masing-masing. 

Pada ATP IPS Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Standar kompetensi lulusan pada tiga aspek capaian yaitu pengetahuan, sikap, dan keterampilan disajikan secara eksplisit maupun implisit pada penguatan konsep atau penugasan yang diberikan dalam setiap tema.

Dengan rasa syukur yang mendalam kepada Sang Pencipta dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu dalam menyusun ATP IPS Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka ini, penulis menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dalam ATP IPS Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka yang kami buat ini. 

Namun, penulis mengakui bahwa ATP IPS Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka ini dapat terus diperbaiki dan ditingkatkan agar lebih sesuai dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Semoga ATP IPS Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka ini dapat memberikan kontribusi yang positif dalam keberhasilan proses pembelajaran di kelas.

Untuk bapak-ibu guru IPS tentunya dapat memiliki ATP IPS Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka yang penulis buat ini, caranya dengan mendownload ATP IPS kelas 7 SMP semester 1 dan 2 ini secara langsung di link download berikut.

Download ATP IPS Kelas VII Semester I dan II | Kurikulum Merdeka

ATP IPS Kelas VII ATP IPS Kelas 7 SMP-MTs Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka - 2023/2024.

Posting Komentar untuk "ATP IPS Kelas VII SMP Semester I dan II | Kurikulum Merdeka"