Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP IPS Kelas VIII Semester I dan II - 2023/2024 | Kurikulum Merdeka

Download ATP IPS Kelas VIII SMP-MTs Semester I dan II - 2023/2024 | Kurikulum Merdeka. Tujuan dibuatnya ATP IPS kelas 8 SMP-MTs ini ialah untuk membantu pengajar dalam proses pembelajaran di kelas dan meningkatkan pemahaman murid mengenai keberadaan diri serta keluarga di lingkungan sosial terdekat. Disamping itu, murid diharapkan dapat menganalisis hubungan antara kondisi geografis dengan karakteristik masyarakat dan cara mereka beraktivitas di lingkungan terdekat.

Tindakan ini akan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya melalui aktivitas pemberdayaan masyarakat yang memberikan dampak positif terhadap lingkungan sekitarnya. Tujuan yang lebih luas ialah untuk memberikan kontribusi terhadap pembentukan manusia Indonesia yang mencintai tanah air berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Pemikiran dan pencapaian pembelajaran ini menjadi dasar dalam pengembangan Alur Tujuan Pembelajaran IPS Kelas 8 SMP-MTs. Pembahasan dalam ATP IPS Kelas 8 ini dibagi menjadi empat tema utama yang merepresentasikan pencapaian pembelajaran yang diharapkan dalam kurikulum merdeka.

ATP IPS Kelas 8 ini berusaha untuk menampilkan fenomena atau gejala sosial yang ditinjau secara terpadu dari berbagai sudut pandang seperti kajian keruangan geografis, analisis sosiologis, tinjauan ekonomi, dan kronologis waktu sejarah.

Meskipun penyajian isi ATP IPS Kelas 8 ini masih terbatas pada penguasaan konsep dan prosedur sederhana dari materi substansi yang diajarkan, diharapkan gambaran faktual dan jabaran metakognitif materi dapat dieksplorasi lebih lanjut oleh pengajar dengan menyesuaikan kebutuhan dan karakteristik murid di kelas masing-masing. Standar kompetensi lulusan pada tiga aspek pencapaian yaitu pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

Namun, penulis mengakui bahwa ATP Kelas 8 ini bisa terus diperbaiki & ditingkatkan supaya lebih sinkron & efektif buat dipakai pada pembelajaran pada kelas. Semoga ATP ini bisa menaruh donasi   yg positif pada keberhasilan proses pembelajaran pada kelas.

Untuk bapak-ibu guru pengajar IPS tentunya bisa mempunyai ATP IPS Kelas 8 Semester 1 & 2 - 2023/2024 | Kurikulum Merdeka yg penulis share ini, caranya dengan klik pada link download berikut.

Download ATP IPS Kelas VIII Semester I dan II - 2023/2024 | Kurikulum Merdeka:

ATP IPS Kelas VIII  ATP IPS Kelas 8 SMP-MTs Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka - 2023/2024.

Posting Komentar untuk "ATP IPS Kelas VIII Semester I dan II - 2023/2024 | Kurikulum Merdeka"