Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat PAI Kelas VII SMP-MTs Kurikulum Merdeka

Perangkat PAI dan BP SMP. Kurikulum merdeka merupakan program pendidikan dengan pembelajaran yang berbeda di sekolah yang isinya akan lebih baik sehingga siswa mempunyai cukup waktu untuk mengeksplorasi ide dan memperkuat keterampilannya.

Dalam Kurikulum Merdeka guru mempunyai keleluasaan dalam memilih bahan ajar yang beragam sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa. Hal ini berlaku pula untuk pemilihan Perangkat Pembelajaran PAI Kelas VII SMP-MTs Kurikulum Merdeka yang akan anda gunakan.

Perangkat PAI Kelas VII SMP-MTs Kurikulum Merdeka, merupakan dokumen administrasi guru yang harus di buat oleh setiap guru PAI & BP kelas 7, oleh sebab itu anda sebaiknya memiliki Perangkat PAI Kelas VII SMP-MTs Kurikulum Merdeka yang akan kami bagikan ini.

Ada tiga alasan mengapa anda harus memiliki Perangkat PAI Kelas VII SMP-MTs Kurikulum Merdeka yang kami bagi, yaitu sebagai berikut. 

# Sederhana dan Mendalam

Alasan yang pertama adalah mata pelajaran yang diajarkan hanyalah mata pelajaran yang penting saja, sehingga pembelajarannya bisa lebih mendalam dan bermanfaat. Diharapkan dapat meningkatkan keterampilan siswa dan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan. 

# Lebih Merdeka

Siswa sekolah menengah atas perlu merasa lebih mandiri. Tentu saja tidak ada proses khusus seperti pada program sebelumnya. Siswa bebas memilih mata pelajaran sesuai minat dan keterampilannya. Selain itu, setiap sekolah mempunyai kebebasan untuk membuat program yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan siswanya. 

# Relevan dan Interaktif

Salah satu pembelajaran yang ditekankan dalam program kurikulum merdeka adalah pembelajaran berbasis aktivitas, sehingga pembelajaran berlangsung interaktif. Pembelajaran seperti ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa dan mendorong perilaku yang mencerminkan profil Pancasila.


HAKEKAT PEMBELAJARAN PAI & BP DI SEKOLAH

Menurut Dzakiyah Darajat, pendidikan agama islam adalah upaya untuk mendorong dan mengembangkan peserta didik agar selalu memahami isi pendidikan Islam secara menyeluruh, menghayati tujuan yang pada akhirnya dapat menjadikan Islam sebagai jalan kehidupan.

Ada tujuh fungsi pembelajaran PAI di sekolah atau madrasah antara lain :

1. Pembinaan

Meningkatkan keimanan serta ketakwaan siswa terhadap Allah SWT yang ditanamkan dari lingkungan keluarga. Sekolah berfungsi untuk membina anak melalui bimbingan, pengajaran dan pelatihan agar keimanan dan ketakwaan dapat tumbuh dengan baik sesuai dengan tingkat perkembangannya. 

2. Penanaman Nilai

Berfungsi sebagai pedoman hidup untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat. 

3. Penyesuaian Mental

Mengubah lingkungan baik lingkungan fisik maupun lingkungan hidup serta dapat mengubah lingkungan sesuai ajaran Islam. 

4. Perbaikan

Memperbaiki kesalahan, kelemahan dan kekurangan peserta didik dalam keyakinan, pemahaman dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari. 

5. Pencegahan

Menghilangkan hal-hal buruk dari lingkungannya atau budaya lain yang dapat merugikan dirinya sendiri dan menghambat perkembangannya dalam masyarakat Indonesia seutuhnya. 

6. Pengajaran tentang ilmu agama secara umum, metode dan fungsinya. 

7. Menyalurkan

Menyalurkan anak-anak yang mempunyai keterampilan khusus dalam bidang keislaman agar keterampilan tersebut dapat dikembangkan dengan baik sehingga dapat digunakan bersama orang lain.

PERANGKAT PAI & BP KELAS VII SMP-MTs KURIKULUM MERDEKA

Guru - guru PAI dan BP yang admin ruangdownload hormati, pada konsep penulisan kali ini kami fokuskan untuk membagikan kepada anda Perangkat PAI Kelas 7 SMP-MTs Kurikulum Merdeka seperti yang tercantum dalam judul pembahasan yang kami buat.

Perlu guru - guru ketahui, apa yang di bagikan di blog ruangdownload.com semuanya gratis, termasuk Perangkat PAI Kelas 7 SMP-MTs Kurikulum Merdeka yang kami bagikan sekarang.

Untuk itu, silahkan guru - guru semua yang membutuhkan Perangkat PAI Kelas 7 SMP-MTs Kurikulum Merdeka segera download filenya.

Untuk proses download di ruangdownload.com cukup mudah, anda hanya perlu klik link download dari Perangkat PAI Kelas 7 SMP-MTs Kurikulum Merdeka ini. Link download Perangkat PAI Kelas 7 SMP-MTs Kurikulum Merdeka tersedia di bawah ini.

Download Perangkat PAI Kelas VII SMP-MTs Semester 1 & 2 Kurikulum Merdeka:

1 komentar untuk "Perangkat PAI Kelas VII SMP-MTs Kurikulum Merdeka"