Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisi-Kisi, Soal PPKn Kelas IX SMP Semester I - 2023/2024

Unduh Kisi-Kisi, Soal & Jawaban PPKn Kelas 9 SMP Semester 1 - ﷽ Hallo sahabat ruangdownload, terima kasih sudah kembali berkunjung di situs kami yang sangat sederhana namun bermanfaat ini.
 
Di edisi pertemuan kita di hari sabtu yang cerah ini, admin kembali membagikan kisi-kisi dan soal - soal untuk anda download. Kisi-Kisi dan soal ini sengaja admin bagikan karena sebentar lagi sekolah - sekolah akan melaksanakan kegiatan penilaian akhir semester (PAS)
 
Berbagai jenis penilaian dapat digunakan untuk mengukur pencapainan hasil belajar siswa. Ada kegiatan penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PTS), penilaian akhir semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT) dan yang terbaru adalah penilaian kompetensi minimal (AKM). Pengukuran siswa terhadap keterampilan dasar untuk menjamin tercaPPKnnya hasil belajar.

Catatan Kinerja Harian (PH) biasanya dilakukan secara individu oleh guru spesialis setingkat SMP/MTs/SMA/SMK atau guru kelas setingkat SD/MI. Penilaian harian biasanya hanya digunakan untuk mengukur hasil belajar untuk satu KD (kompetensi dasar). Namun, kebanyakan orang mengonsumsi lebih dari KD kecuali bahan dalam KD terlalu banyak. Evaluasi tengah semester (PTS) biasanya dilakukan secara bersamaan oleh dinas pendidikan. Ini biasanya karena kegiatan ini sudah ada di kalender pendidikan Anda. 
 
Materi ujian tengah semester dinilai dari tengah materi untuk setiap semester. Misalnya materi Semester 1 terdiri dari empat kompetensi inti, maka jumlah materi yang termasuk dalam penilaian tengah semester Semester 1 meliputi kompetensi inti 1 dan 2.
 

Penilaian Akhir Semester (PAS)

Pada jenjang SMP/MTs materi soal PAS diambil dari materi kompetensi inti silabus, sedangkan pada jenjang SD/MI materi terdiri dari kombinasi topik kajian untuk semester tersebut. Format penilaian akhir semester adalah ujian tertulis yang dapat dilakukan secara offline maupun online. Jenis pertanyaan dapat berupa pertanyaan pilihan ganda dan esai atau penjelasan.

Soal asesmen akhir semester ini menjadi acuan dan acuan bagi guru dalam menyusun soal asesmen akhir semester untuk satuan pendidikan masing-masing. Guru hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan dan keadaan sekolah itu sendiri.

Fungsi lain dari kertas ujian akhir PAS ini adalah sebagai arsip bagi guru untuk melengkapi perangkat pembelajaran dan sebagai arsip satuan pendidikan dalam proses akreditasi sekolah, dalam menghadapi pengawasan oleh pimpinan sekolah dan kepala satuan pendidikan. .

Sementara itu, siswa dapat menggunakan soal penilaian akhir semester sebagai bahan pembelajaran untuk mempersiapkan kegiatan PAS, karena dilengkapi dengan kunci jawaban.

Kisi-Kisi, Soal & Jawaban (PAS) PPKn Kelas 9 SMP Semester 1

Sebelum Anda mulai mengedit soal ujian di akhir semester, Anda harus membuat kisi-kisi soal terlebih dahulu. Apa itu kisi-kisi pertanyaan? Kisi-kisi pertanyaan adalah panduan dalam bentuk matriks pembelajaran untuk mengedit dan menyusun pertanyaan pembelajaran.

Kehadiran kisi-kisi ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa pertanyaan yang dihasilkan mencakup kedalaman konten dan tidak menyimpang dari metrik pembelajaran dan kompetensi inti yang terkandung dalam rencana pembelajaran.

Menurut Puspendik, grid yang baik harus:
  • Meringkas semua konten kurikulum
  • Bagian harus rinci dan mudah dimengerti
  • Sesuai dengan indikator dan formulir pertanyaan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan. 
Kisi-kisi tersebut merupakan hasil rangkuman dari Panduan Sains untuk Sekolah Menengah Kelas 9 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 
 
Kisi-kisi ini telah dikompilasi dalam bentuk aplikasi jenis file Microsoft Excel dan Microsoft Word sehingga dapat diedit dengan sangat mudah sesuai dengan kebutuhan guru.
 
Berikut adalah Kisi-Kisi, Soal & Jawaban (PAS) PPKn Kelas 9 SMP Semester 1 Th 2023/2024 yang dapat anda Unduh di link berikut.

No

Nama Dokumen

Link

1

Kunci Jawaban PPKn Kelas 9 Semester 1

Download

2

Soal PPKn Kelas 9 Semester 1

Download

3

Kisi-Kisi PPKn Kelas 9 Semester 1

Download

Demikian Kisi-Kisi, Soal & Kunci Jawaban yang dapat admin ruangdownload bagikan untuk sahabat semua, semoga apa yang kami bagikan menjadi berkah bagi penulis dan juga bagi anda sebagai pengunjung situs ini.
 
Seperti biasa, sudi kiranya meluangkan waktu sejenak untuk memberikan kritik, saran, maupun masukan bagi kami penulis agar situs ini jadi lebih baik lagi kedepannya.

Terimakasih atas kunjungan anda, akhir kata kami tutup dengan salam. Wassalamu'alaikum.

Posting Komentar untuk "Kisi-Kisi, Soal PPKn Kelas IX SMP Semester I - 2023/2024"